Jumat, 20 September 2013

Trik Dan Kiat Khusus Dalam Tes Masuk TNI Dan Polisi

 
 Buat anak muda yang ingin bergabung di angkatan yaitu di kepolisian atau TNI agar mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari, baik dari segi administrasi,  fisik dan lain-lainnya.  Banyaknya rumor ataupun hal fakta nyata yang perna anda alami, jika ingin masuk di pemerintahan baik itu militer (polisi dn TNI) dan sipil (PNS) harus ada KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Sedangkan kita tidak ada sama sekali yang mendukung kesana. Saya harap jangan putus asa, selagi masih ada kemauan pasti ada jalan, selagi napas berhebus dan jantung berdetak dan semangat merah darahku dan putih tulangku insyaallah negara kita akan berusaha menjadi lebih baik. Sebagaimana diperjuangan pemerintah untuk membrantas habis KKN.  Jadi intinya kita usaha dulu. Berikut ini saya ulas tentang persiapan untuk bergabung di angkatan sebagai berikut : 

Jika kurang pandai renang latihan dari jauh hari dan saat test jangan pikirin apa-apa yang penting sampai dengan jarak 25 meter, dengan gaya apa saja boleh, anda pasti bisa kalau latihan mulai dari sekarang.
1.  Persiapkan  ijazah yang dilegalisir dari Depdiknas setempat, biasanya letaknya di tingkat kecamatan atau kabupaten, mudah dan cepat prosesnya. Terus siapkan KTP, dan perlengkapan yang lain,  bisa dilihat di polres atau di internet (syarat berkas pendaftaran).
2.  Tes kesehatan dilaksanakan dua kali. Pertama biasanya adalah tes bagian luar tubuh (tinggi dan berat badan, postur, mata, gigi, THT, kulit, alat reproduksi, anus, varises).  Untuk tes kesehatan pertama baik pria/wanita sudah jelas pasti telanjang bulat ddi depan panitia dalam ruang tertutup karena akan diperiksa kesehatan bagian luarnya. Mulai dari tinggi dan berat badan, tensi darah, telinga, mata, amandel, gigi, postur tubuh, tangan dan jemari, kulit (jangan ada tato/tindik), virgin dan payudara (wanita), varikokel dan hernia (pria), ambeien (hemorhoid), varises, sampai telapak kaki.  Nanti skrotum dipegangin  untuk periksa varikokel dan hernia.
3.  Test psikotest, pada test beda psikotest konvensional.  Persiapan dan konsentrasi  harus dijaga  harus cermat  mendengarkan,  jangan ngobrol, sudah tau jawabannya langsung jawab. Diperhatikan waktu test, karena jika lengah akan kehabisan waktu,  Psikotes tidak usah dipaksakan harus sesuai kemampuan aja, tidak terjawab semua bukan berarti mengurangi nilai. yang penting sehari sebelum tes harus istirahat total.
4.  Test akademik yaitu pengetahuan umum seperti bahasa indonesia, matematika, test uu kepolisian serta test bahasa inggris. Persiapan test akademik belajar seperti akan ulangan saat sekolah.
5.   Kesehatan kedua adalah bagian dalam tubuh (ronsen / rontgen , tes urin, dan test darah). Nanti akan diambil sampel darah dan urine. Kemudian di rontgen juga. yang suka mabok/ngerokok nanti ketahuan paru-parunya kotor. Sebaiknya anda check up terlebih dahulu ke dokter Polri sebelum tes yang sebenarnya. Khusus Brigadir rikkes 2 ditambah test kesehatan jiwa (MMPI) saudara juga harus konsultasi dulu ke ahlinya yang memiliki kompetensi (psikolog /psikiater), sehingga nanti mendapatkan hasil yang maksimal.
6.  Test kesamaptaan (test fisik) 
·         Lari minimal 2500 m (2,5 km) dalam 12 menit (usahakan lebih buat nilai tambah)
·         Push up hingga 43x dalam 1 menit. untuk tes Polwan, olahraganya juga mirip pria, hanya push up nya lutut dipakai, dan pull up-nya kaki juga menapak tanah.
·         Chinning >60x dalam 1menit (wanita)
·         Pull up 7x dalam 1 menit
·         Sit up 50x dalam 1 menit
·         Shuttle run (lari angka 8) 3x <20 detik="detik" span="span">
·         Antropometrik=tes postur seperti, sikap tegap, cara jalan, sikap hormat, dll 
·         Renang 25 meter yang penting sampai dalam 1 menit tanpa berhenti/ tidak tenggelam
7.      Pengurutan rangking karena setiap polda ada quota masing-masing jadi total nilai berpengaruh terhadap kelulusan calon.
8.      Pantohir  dalam test ini biasanya akumulasi dari nilai dari awal, dibarisin di dalam ruangan di hadapan para pejabat, interview dan diperiksa lagi. mudah mudahan lebih transparan, adil, jujur, aman, dan tidak ada praktik KKN. Wawancara yang penting jujur dan apa adanya. Jangan pesimis jika rezeki kita tidak akan kemana ALLAH SWT telah mengatur garis hidup dan rezeki kita yang penting usaha.  Dalam pantoher ini ada rumor sebenarnya cikal bakal yang lulus dan gagal sudah ada sebelum pantohir juga, cuma untuk bahan pertimbangan lagi jadi ada pantohir.
9.      Test Kelulusan ...
10.  Yang perlu diperhatikan dan dicatat : Untuk lulusan SMU usia min 18tahun max 21tahun pas pendidikan. Tinggi 163 cm (pria), 160 cm (wanita) dengan berat badan ideal. Untuk S1 usia max 26 tahun dan S2 usia max 28 tahun. kalo S1 profesi dokter usia max 28tahun. boleh berkaca mata max -1 asal nilainya gede.  (untuk usia sekarang sudah berubah dicek di polres atau di internet). Untuk tinggi badan 160, idealnya berat anda 160-110= 50kg. anda bisa menurunkan berat badan dengan menjaga pola makan jangan yang manis-manis, dan banyak serta yang berminyak.  Jangan makan di malam hari, baiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah saja, terus latihan lari di siang hari pakai jaket biar lemak-lemaknya lekas terbakar.
11.  Semua penyakit dalam dan luar tidak diperbolehkan menjadi anggota polri atau TNI atau instansi lainnya yang sejenis, jika kecuali memakai kacamata maksimal minus 1 itu pun harus dengan nilai hasil ujian sekolah yang bagus. Buta warna baik partial dan total tidak memenuhi syarat anggota Polri.  Saran aja buat yang giginya bolong ditambalin (semen/laser), kalo ompong yang penting bukan gigi yang depan. Jerawat, borok dan sebagianya diobatin. Jadi kalau anda mengidap penyakit tertentu, baiknya disembuhkan dulu karena nanti ada pemeriksaan rontgen dan darah serta urine waktu tes kesehatan.  Jika ada bekas luka, asal bekas sudah tidak kentara lagi anda masih tetap bisa daftar dan alangkah baiknya anda datang ke dokter kosmetik atau dokter kulit untuk hilangkan titik hitam itu.  Mempunyai Varikokel cara penyembuhan tanpa operasi disuntik aja di rumah sakit.  Kaki anda juga harus terhidar dari varises pada tes kesehatan.  Adanya varises dapat menggagalkan anda pada tes kesehatan. Varises adalah munculnya pembuluh darah pada belakang tumit atau betis, biasanya berwarna garis kebiruan. Varises biasanya terjadi karena kebiasaan anda yang langsung menekuk / melipat kaki anda setelah melakukan olah raga. Namun jangan khawatir, varises dapat diatasi dengan cara disuntik menggunakan obat tertentu.
12.  Masuk kesatuan polri yang rada “susah” kayak brimob dan polair atau densus 88, juga harus bisa renang laut 2,5 mil,nilai toefl bahasa inggris minimal 500 (dari LIA), menguasai internet, dan ms office, Juga kalau dengan latar belakang pendidikan sarjana harus dari universitas negeri atau swasta dengan akreditasi A atau B dgn IPK minimal 3,00 (skala 4).
13.  Dahulu dianggap, bahwa seorang yang tidak perawan lebih berperilaku buruk dan juga berpotensi mengidap penyakit tertentu melalui organ reproduksi. oleh karena itu mengenai tes virgin bagi calon anggota Polwan masih dalam tahap pengkajian di Bagian Kesehatan Polri. Alasan anda nampaknya sejalan dengan alasan bahwa pemeriksaan alat reproduksi lebih menitikberatkan pada ‘kesehatan’, bukan ‘keutuhan’. Sedangkan mengenai perilaku dan moral, dilihat melalui wawancara dan tes psikologi. Sekarang kabarnya ke-virginan/ keperawanan tidak begitu dititik beratkan, khusus virgin sekarang tidak menggugurkan lagi.
14.  Biasanya pendaftaran Polri diadakan secara serentak di seluruh Indonesia jadi tidak ada kemungkinan bocoran soal dari satu daerah ke daerah lain. Kelakuan dibenerin, etika, cara bicara dan sebagainya. yang penting semangat 45 harus tetap membara dan pantang menyerah seperti para pahlawan kita.
 SEMOGA SUKSES......

83 komentar:

  1. saya ingin masuk tentara tpi saya buta warna....,masuk ap nggk jika buta warna

    BalasHapus
  2. saya masih kuliah mbk,, semester 6, insyaallah lulus 1,5 tahun lagi, tapi mbk 1,5 tahun yang lalu saya menjalani operasi usus buntu,, dan juga mata saya min. tapi insyaallah ip saya masih diatas 3.00 dan jurusan saya produksi pertanian. prodi teknologi produksi tanaman pangan dan hortikultura... kira2 apakah saya masih bisa mengikuti tes TNI/POLRI. mohon jawabannya mbk untuk tetap menambah semangat sya, terimakasih

    BalasHapus
  3. saya ingin sekali menjadi seorang polisi tapi dari sya lahir kuping saya sudah ditindik oleh keluarga saya gmna yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau karena adat sepertinya boleh

      Hapus
    2. lo kasusnya sama dengan saya. Teliga ditindik sama keluarga waktu kecil. Karena adat memang.

      Hapus
    3. lo kasusnya sama dengan saya. Teliga ditindik sama keluarga waktu kecil. Karena adat memang.

      Hapus
  4. ooh,jadi bisa ya?? daftar secaba dari s1 th.2015??

    BalasHapus
  5. saya ingin masuk tentara ,tapi saya memiliki penyakit kaki O
    apakah itu masih bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek dulu RS M Ridwan Mauriksa Salemba. Karena kaki O ada tingkatannya juga. Masih bisa di pertimbangkan atau tidak.

      Hapus
  6. pak gigi saya ompong dibagian sebelah kanan dan kiri apakah saya masih bisa masuk TNI

    BalasHapus
  7. gigi bolong kalau di tambal masih bisa masuk akmil ga ya?

    BalasHapus
  8. mata saya yang kanan kurang jelas penglihatan gimana ya

    BalasHapus
  9. kalau gigi rahangnya berlubang 1 msh ada harapan untuk msuk polri tdk??
    selagi msh ada niat dn tekad 45 untuk bngsa dn negara mau mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditambal mas, tambal saja dulu baru tes

      Hapus
  10. saya dari umur 7 .. aku ingin sekali jadi TNI angkatan udara .. hingga sekarang saya ingin trcapai cita cita itu .. saya dah ikut parkour .. ikutt silat .. bahkan saya juga pernah ikut tekwondo .. tapi tiba umur 17 saya habis latihan .. kelamin saya berdarah.. kirain datang bulan .. tapi trrasa sakit dan bengkak..
    saya pun k rumah sakit .. tiba itu saya menangis dan gak percaya .. penyakit saya spilis .. dah harus d potong dgn cara mmbuka perawan saya .. karna pnyakit itu mnjalur k dalam .. saya menangis trus mnangis .. dan saya tanya paman saya .. tapi saya takut .. yang pastinya saya gak bisa gapai cita" saya menjadi TNI dan tak bisa bahagia kan alm papa dan almh nenek saya yg senang saat saat mnyebut cita"saya tiba lulusan klas 6 SD bisa kah ad yg mmbantu untuk saya bisa masuk .. saya mohon sekali .. karna itu cita"saya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau tau pastinya, kamu bisa MCU di RS M Ridwan Mauriksa . Disana tempat tes kesehatan peserta TNI. Semangat dan semoga membantu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  11. saya dari umur 7 .. aku ingin sekali jadi TNI angkatan udara .. hingga sekarang saya ingin trcapai cita cita itu .. saya dah ikut parkour .. ikutt silat .. bahkan saya juga pernah ikut tekwondo .. tapi tiba umur 17 saya habis latihan .. kelamin saya berdarah.. kirain datang bulan .. tapi trrasa sakit dan bengkak..
    saya pun k rumah sakit .. tiba itu saya menangis dan gak percaya .. penyakit saya spilis .. dah harus d potong dgn cara mmbuka perawan saya .. karna pnyakit itu mnjalur k dalam .. saya menangis trus mnangis .. dan saya tanya paman saya .. tapi saya takut .. yang pastinya saya gak bisa gapai cita" saya menjadi TNI dan tak bisa bahagia kan alm papa dan almh nenek saya yg senang saat saat mnyebut cita"saya tiba lulusan klas 6 SD bisa kah ad yg mmbantu untuk saya bisa masuk .. saya mohon sekali .. karna itu cita"saya ..

    BalasHapus
  12. Kalo daftar TNI itu ada biyayanya ga sih,dan kalo keterima ada uang registnya apa engga ?

    BalasHapus
  13. Mata sangat berpengaruh ga sih ? Mata minus 2 pengen banget jadi anggota TNI itu citacita dari kecil :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berpengaruh. Kecuali profesi (dokter, apoteker, psikolog). Apabila mau hilangin minus secara cepat, coba dilasik.

      Hapus
    2. Berpengaruh. Kecuali profesi (dokter, apoteker, psikolog). Apabila mau hilangin minus secara cepat, coba dilasik.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Pak sy mau tanya kalau ada bekas tindik di telinga bisa gg daftar TNI

      Hapus
    5. Pak sy mau tanya kalau ada bekas tindik di telinga bisa gg daftar TNI

      Hapus
  14. Kalo sdh cek up hasil nya sempurna terus mendaftar polisi dipolda ternyata tidak lolos alasan mata padahal sdah cek up nya sempurna , kenapa bisa begitu ?

    BalasHapus
  15. Kalo sdh cek up hasil nya sempurna terus mendaftar polisi dipolda ternyata tidak lolos alasan nya mata padahal cek up nya sempurna , kenapa bisa begitu ?

    BalasHapus
  16. Kalau gigi depan tidak rata, apa mungkin akan mengugurkan saya.?
    Mohon jawabannya, terimakasih.

    BalasHapus
  17. Mau jadi polantas, biar bisa nilang.....ekekekekekkkj

    BalasHapus
  18. saya masih kuliah, mungkin 1,5 thn lagi sudah selesai. saya punya penyakit kulit di tangan kiri saya. kira2 itu hal fatal tidak dalam seleksi masuk perwira polisi ? tolong di balas koment saya, terimakasih

    BalasHapus
  19. gigi saya ada dua yang di depan agak tertonjol ke depan apakah bisa masuk tni??

    BalasHapus
  20. jika umur saya 22 masih bisa tidak ya

    BalasHapus
  21. Salam Komando.
    Saya Bercita" masuk Menjadi TNI-AU melalui Karbol AAU. Tapi Mata Saya Lebarnya Beda antara Kanan Dan Kirinya.

    Apakah Pengaruh Pada Tes Kesehatan Nanti...

    Tolong Dijawab Untuk Menambah Semangat Saya...

    BalasHapus
  22. Salam komando
    Saya mau masuk bintara tapi saya punya gigi susu kecil jdi lain sama gigi yang lain itu bisa nggak masuk tni

    BalasHapus
  23. Salam komando
    Saya mau masuk bintara tapi saya punya gigi susu kecil jdi lain sama gigi yang lain itu bisa nggak masuk tni

    BalasHapus
  24. Salam komando
    Saya mau masuk bintara tapi saya punya gigi susu kecil jdi lain sama gigi yang lain itu bisa nggak masuk tni

    BalasHapus
  25. Tinggi 163 bisa masuk secaba TNI AD ga yaa

    BalasHapus
  26. Ada orang yg mau masuk tni ...
    Tapi katanya dia takut nggk masuk dan nggk keterima karena masalahnya dia itu sering suka melakukan masturbasi...
    Apakah yg sering melakukan masturbasi akan diterima ??
    Kalo punya saran silakan...
    Tolong dijawab yaa, supaya bisa mencegah lagi...

    BalasHapus
  27. Niat.tekat saya ada.... Tapi tinggi.qu hanya 157cm apa msih ada hrapn untuk saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bisa lagi, min 163 untuk cewek dan 165 untuk cowok

      Hapus
  28. Saya pengen banget masuk di tni tapi tubuh saya pernah kemasukan miras....masih ada kesempatan gak yaaaa....
    .mohon infonya...

    BalasHapus
  29. Saya pengen banget masuk di tni tapi tubuh saya pernah kemasukan miras....masih ada kesempatan gak yaaaa....
    .mohon infonya...

    BalasHapus
  30. Saya masih sekolah baru kelas 1 sma tapi saya ingin sekali sekarang jadi tentara wanita .. apakah bisa .. saya siap dalam segala hal .. saya tidak punya penyakit atau min kaki O Alhamdulillah saya tidak .. tolong saya lah saya sangat menginginkan nya

    BalasHapus
  31. Saya masih sekolah baru kelas 1 sma tapi saya ingin sekali sekarang jadi tentara wanita .. apakah bisa .. saya siap dalam segala hal .. saya tidak punya penyakit atau min kaki O Alhamdulillah saya tidak .. tolong saya lah saya sangat menginginkan nya

    BalasHapus
  32. Sebelum nya saya mohon maaf Bapak/IBu
    Saya cuma mau nanya, kalau gak perjaka lagi masih bisa gak yaa masuk TNI .

    Mohon jawaban & penjelasan nya yaa Bapak/Ibu .

    BalasHapus
  33. Sebelum nya saya mohon maaf Bapak/IBu
    Saya cuma mau nanya, kalau gak perjaka lagi masih bisa gak yaa masuk TNI .

    Mohon jawaban & penjelasan nya yaa Bapak/Ibu .

    BalasHapus
  34. Sebelum nya saya mohon maaf Bapak/IBu
    Saya cuma mau nanya, kalau gak perjaka lagi masih bisa gak yaa masuk TNI .

    Mohon jawaban & penjelasan nya yaa Bapak/Ibu .

    BalasHapus
  35. Mas ada gak minimal rata rata nilai rapor semester brp? Misalnya 7.25 lah.
    Oke nilainya kalo dirata ratain tembus 7.25, tapi ada nilainya yg dibawah 7.25.
    Itu gimana?

    BalasHapus
  36. Mohon info nya
    Kalau tubuh saya ada tato
    Dan mau saya hapus
    Apa bisa masuk polisi
    Karna saya minat sekali

    Hanya dulu saya menyesal sempat di tato

    BalasHapus
  37. Pak saya penasaran.apakah keperjakaan seseorang dapt bermasalh dalam tes

    BalasHapus
  38. maaf pak/bu saya ada varikokel mungkin grade 2 kalo item kesehatan yg lain baik apa bisa menutupi kekurangan di varikokel tersebut ya?

    BalasHapus
  39. Sya ingin masuk polwan tpi mata sya minus,trus gmna dong?

    BalasHapus
  40. Salam hormat pak saya mau tanya apa kh boleh masuk akpol .atau masuk tni dan polisi sedangkan telunjuk jari saya terpotong jadi tingal setengah apa kh bsh ...dari kecil saya pegen jadi tentara terimakasi mohon untuk d bls

    BalasHapus
  41. Salam hormat pak saya mau tanya apa kh boleh masuk akpol .atau masuk tni dan polisi sedangkan telunjuk jari saya terpotong jadi tingal setengah apa kh bsh ...dari kecil saya pegen jadi tentara terimakasi mohon untuk d bls

    BalasHapus
  42. Salam hormat pak saya mau tanya apa kh boleh masuk akpol .atau masuk tni dan polisi sedangkan telunjuk jari saya terpotong jadi tingal setengah apa kh bsh ...dari kecil saya pegen jadi tentara terimakasi mohon untuk d bls

    BalasHapus
  43. Saya punya cita cita jadi tni ad tapi diusia saya sekarang yaitu 13 th mata saya sudah minus apakah bisa besok lain waktu saya diteima ditni ad? Terima kasih mohon dibalas

    BalasHapus
  44. Saya punya cita cita jadi tni ad tapi diusia saya sekarang yaitu 13 th mata saya sudah minus apakah bisa besok lain waktu saya diteima ditni ad? Terima kasih mohon dibalas

    BalasHapus
  45. Tolong dijawab
    Rahang depan saya agak menonjol
    Apakah itu bisa

    BalasHapus
  46. Tolong dijawab
    Rahang depan saya agak menonjol
    Apakah itu bisa

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikumwrwb.
    Mohon untuk dijawab
    Saya ingin masuk tni tpi saya memiliki ambien.. pertanyaannya apakah bisa saya masuk tni jika ambien saya di operasikan?

    BalasHapus
  49. Assalamualaikumwrwb.
    Mohon untuk dijawab
    Saya ingin masuk tni tpi saya memiliki ambien.. pertanyaannya apakah bisa saya masuk tni jika ambien saya di operasikan?

    BalasHapus
  50. Assalualaikum mas mbak
    Kan saya sdh umur 17 tahun mas
    Gigi kan gk bisa tumbuh kalau umur segitu... kalau tes kedokteran tetumbuhan gigi, gimana mas, bisa tumbuh lagi gk mas

    BalasHapus
  51. ass pak mau nanya apakah lulusan s1 masi bisa daftar di secaba atau tamtama...?

    BalasHapus
  52. ass pak mau nanya apakah lulusan s1 masi bisa daftar di secaba atau tamtama...?

    BalasHapus
  53. Kalau gigi belakang rusak semua dan gigi depan ompong tapi udah di pasang didi palsu gimana bisa masuk polri/tni gak mohon infonya

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum, kak mau nanya, saya mau daftar SECATA TNI - AD,sekarang saya 21 tahun. tapi 4 tahun lalu saya operasi usus buntu dan bekas operasi tersebut masih ada, lalu terdapat atau bekas penyakit kulit dan membekas tapi penyakit kulitnya sudah hilang lama, jika begitu, apakah bisa saya mendaftar di TNI AD ? mohon jawabanya kak, terima kasih

    BalasHapus
  55. Mohon izin pak saya ingin bertanya lulusan pesantren bisa tes polisi atau tidak.
    Terimah kasih

    BalasHapus
  56. saya ingin masuk tentara tapi punya bekas luka cacar air bekasnya seperti luka bakar apakah msih bisa masuk tentara ?

    BalasHapus
  57. Saya ingin masuk tentara tapi dulu pernah ditindik sudah rapet bahkan sudah setara dengan warna kulit apakah bisa masuk tentara

    BalasHapus
  58. Saya ingin masuk tentara tapi dulu pernah ditindik sudah rapet bahkan sudah setara dengan warna kulit apakah bisa masuk tentara

    BalasHapus
  59. Saya ini sekali daftar tni kmaren saya sdh ikut tes tpi gugur dan sekarang umur saya 22 thn masih bisa kah saya daftar tni d unur yg sekarang mhon info ya

    BalasHapus
  60. Emang bisa varikokel di suntik.kalau bisa berapa?

    BalasHapus
  61. Emang bisa masuk polisi jika ada bekas tato?

    BalasHapus
  62. Emang bisa masuk polisi jika ada bekas tato?

    BalasHapus
  63. Saya memiliki bekas luka yg cukup banyak pak,apakah saya masih bisa.masuk ke TNI?

    BalasHapus
  64. Saya berumur 19 thn saya sekarang masih kuliah..saya dari kecil pingin banget jadi TNI karen saya termotivasi kakek saya yg dulu perwira AL..namu sayang saya putus asa gara" virgin saya hilng akibat ikut bela diri.apakah saya masih bisa???

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum komandan.
    Saya ingin sekli menggapai cita² saya untuk menjdi tentara. Namun waktu klas 1 sma saya mengalami patah tulng di bagian paha seblah kanan. Dan sekrang sdah kmbli normal dan bsa lari lagi. Apkh saya bolh mendaftarkn diri saya agar bsa menggapai cita² saya menjadi tentara. Mohon informasi x pak komandan.

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum komandan.
    Saya ingin sekli menggapai cita² saya untuk menjdi tentara. Namun waktu klas 1 sma saya mengalami patah tulng di bagian paha seblah kanan. Dan sekrang sdah kmbli normal dan bsa lari lagi. Apkh saya bolh mendaftarkn diri saya agar bsa menggapai cita² saya menjadi tentara. Mohon informasi x pak komandan.

    BalasHapus
  67. Pak tolong di jawap saya komentar apakah ada peluang saya masuk TNI jika ada bekas tato tolong pak di jawap karena tahun ini saya ingin daftar

    BalasHapus
  68. kalau silinder bisa masuk TNI gak pak?

    BalasHapus
  69. Kalo ada yg bekas oprasi besar apakah dapat mengikuti tes, soalnya oprasi tersebut hanya untuk membuang luka didalam agar tidak terjadi penyakit tersebut dan dinyatakan sembuh total

    BalasHapus