Minggu, 22 September 2013

Secaba POLRI 150 juta???

Ini dialami kawan saya, baru kemarin dia cerita. Bahwa anaknya mau dimasukkan ke Secaba Polri. Mungkin karena kurang yakin atau apalah, dianya mencoba jalan pintas dengan menghubungi “orang dalam”. Seorang berpangkat Kompol di bagian pers (katanya) dan masuk ke dalam panitia penerimaan seleksi Secaba Polri.
Singkat cerita yang dimintai bantuan menyanggupi, asalkan ada 150 juta tunai, akan dibantu. Hmm..ada jaminan ga? Tanyaku. Katanya sih ga ada, wah jangan coba-coba deh. Lalu bagaimana selanjutnya tanyaku lagi? Daripada keluar duit segitu mending dipakai untuk dagang. Yap betul. Sebenarnya sudah kusarankan untuk mencoba mengikuti seleksi dengan kekuatan sendiri, tentu saja dengan bimbingan. Kalau sudah dipersiapkan kan bisa mengukur kemampuan pribadi dan kemampuan lawan. Ya nggak.
Terkadang kita kurang yakin dengan diri sendiri, lulus atau tidak. Cobalah menghitung prosentasi kelulusan, yang daftar 700 orang, yang diterima 60 orang, kan banyak tuh saingannya. Jadi peluangnya kita permudah saja jadi 1 : 7, artinya anda harus mengalahkan 7 orang lawan anda agar anda bisa lolos. Pertanyaannya mampukah anda? Dari situ bisa kita yakinkan diri kita bahwa saya pasti mampu. Akhirnya dengan agak pasrah teman saya itu tetap mengikutkan anaknya, menghadapi seleksi dengan kemampuan sendiri. Ya semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar