Minggu, 22 September 2013

Tips menghadapi tes psikologi

Mengerjakan tes psikologi itu memakan waktu yang lama. Anda harus bisa menahan beban dalam kurun waktu tersebut. Makanya persiapannya harus ada. Ini saya berikan tips menghadapi tes psikologi.
1. Malam sebelum mengerjakan tes jangan digunakan untuk begadang atau malah ketempat hiburan. Itu tidak akan membantu. Ambil bantal lalu tidur, cukup istirahat akan sangat membantu.
2. Begitu duduk di kursi segera siapkan alat tulis yang dibutuhkan. Jangan sampai anda pinjam kanan kiri saat pelaksanaannya. Apalagi kalo alat tulis anda ketinggalan atau hilang. Repot. Makanya disiapkan malam sebelumnya.
3. Begitu lembar soal diberikan jangan terburu buru untuk mengintip isinya. Nanti juga tau. Yang terpenting adalah mendengarkan petunjuk dari tester. Kalau perintahnya dilingkari ya dilingkari jangan disilang. Ntar ga lulus. Kalau disuruh meletakkan alat tulis segera dilakukan , pokoke jangan ngebantah. Ikuti saja
4. Durasi tes bisa berjam-jam, tergantung soalnya. Makanya siapkan snack/makanan ringan untuk mengganjal perut. Jangan sampai tidak sarapan paginya, bisa tidak konsentrasi nantinya. Sangat disarankan mengkonsumsi coklat. Selain enak juga berenergi. Jangan kacang kulit, kaga sempet makannya.
5. Kerjakan soal apa adanya diri anda. Misalkan ada pernyataan yang cocok dengan diri anda, ya itulah jawabannya. Jangan dikarang-karang. Jadilah dirimu sendiri. Kalau anda sudah memiliki Ebook saya, akan saya contohkan maksud saya ini.
6. Persoalan yang sudah lewat biarkan berlalu, walaupun banyak yang jawabannya kosong, jangan pernah untuk coba mengerjakannya lagi. Siapkan diri anda untuk mengerjakan materi tes psi berikutnya. Selain dilarang petugas, juga akan membuat error pikiran anda dengan perasaan bersalah.
7. Perlu diketahui bahwa persoalan tes ada beberapa macam. Tiap-tiap modul sebenarnya saling berhubungan dan berkaitan. Jangan sampai anda mengerjakannya persoalan tersebut asal-asalan. Apabila anda dapat mengerjakan persoalan yang menandakan kecerdasan, dan anda dinyatakan cerdas, namun pada persoalan lain anda tidak bisa jawab artinya hasil tes anda bertolak belakang, Ini yang dinyatakan psikologi anda tidak tertinjau,
8. Jangan melihat pekerjaan kawan anda, walaupun anda tidak bisa menjawabnya. Saya kawatirkan hasilnya tidak murni.
Dengan melaksanakan tips ini mudah-mudahan anda berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar