Kamis, 12 Desember 2013

Benarkah Masuk TNI Dipungut Biaya ?



MENJADI seorang TNI adalah cita cita yang didambakan oleh pemuda maupun pemudi, tak heran akhir akhir ini animo pendaftar sangat banyak bahkan melebihi batas yang ditentukan. Sangatlah disayangkan jika tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum mendaftar.
Proses penerimaan anggota TNI bagi para pemuda pemudi yang ingin menjadi anggota TNI khususnya TNI AD tidak akan diminta dana sama sekali. Hal ini masih ada masyarakat  yang mempunyai persepsi (pandangan) yang salah tentang seleksi masuk menjadi prajurit TNI harus bayar.
Apalagi masih banyak ditemukan berita lewat media bahwa masuk TNI dipungut biaya , seperti yang terjadi baru baru ini menimpa seorang PNS di Kabupaten Grobokan meratapi nasibnya dan harus kehilangan uangnya sebesar Rp.67 juta karena telah ditipu.
Warga Ngembel Kidul RT 02 RW 04 Tanggungharjo, Grobogan itu telah menitipkan anaknya yang bernama Janu Purwantono untuk menjadi TNI kepada seseorang yang katanya bisa meloloskan untuk bisa masuk menjadi prajurit TNI.
Fenomena  yang berkembang saat ini justru masih banyak masyarakat beranggapan untuk menjadi anggota TNI paling tidak menyiapkan dana hingga ratusan juta rupiah. Persepesi yang salah tersebut apabila dibiarkan sangat merugikan institusi TNI.
Untuk itu kami berharap agar berhati hatilah bila anaknya ingin menjadi prajurit TNI sebaiknya mempersiapkan dirinya agar bisa lolos seleksi, adakan  latihan fisik seperti lari, renang, pushup, setup agar bisa lolos, bila perlu tanya kepada prajurit terdekat bagaimana menghadapi tes wawancara, tes psikologi ataupun tes lainnya.
Jangan sia-siakan waktu dan gunakan untuk mempersiapkan jauh jauh hari sebelum mendaftar karena pendaftaran setahun dua kali, jadi jangan jauh hari malah mempersiapkan dana untuk bisa meloloskannya.
Hilangkan persepsi seperti itu. Untuk menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia tidak dipungut biaya sepersen pun, kepada para orang tua maupun calon prajurit yang mengikuti tes masuk jangan mempercayai jika ada orang yang mengiming-imingi bisa membantu kelulusan.
Apabila masih menemukan orang yang menawari dengan janji bisa meloloskan anaknya jadi prajurit TNI segera laporkan kepihak aparat yang terkait seperti Polisi Militer atau aparat terkait agar jangan sampai kena tipu seperti yang barusan dialami oleh warga Grobogan tersebut
Sumber http://forum-penulis-pelitaonline-folis-line.pelitaonline.com/news/2013/07/24/benarkah-masuk-tni-dipungut-biaya

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. waktu pendidikannya itu apakah bayar?terus kalo bayar habisa berapa?tolong kasih infonya ya..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Min tolong kasih tau info nya , sya juga mau tau yg dia tanyakan ? Mohon info nyaa yaa...

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Masuk tni katanya harus bayar skitar 100.n jt itu ada yng masuk dan tdak. ktika udah bayar banyak malahn gk masuk.. hilanglah hartanya dan itu solusinya gmana?? Dan katanya klau gk bayar gk masuk

    BalasHapus
  5. Saya mau komentar!! Kan sebelumnya tadi tidak dipungut biaya pendaftaran tapi kalo seumpama saya dan yang lain ditrima menjadi TNI itu biayanya berapa?? Terimakasih tolong infonya��

    BalasHapus