Minggu, 06 Oktober 2013

Legenda Taruna Merah di Akmil


Saya punya pengalaman sendiri untuk Taruna Merah,sekitar tahun 2007 bulan agustus-oktober.
3 bulan itu saya pernah di Akademi Militer,cerita tentang Taruna Merah sudah terkenal dari mulai tes pusat Akademi Militer.

Cerita yang saya dengar dari teman 1 kompi saya, kebetulan dia jaga serambi malam.
sekitar jam 1-2 katanya dia melihat BassDrum Lokananta (marching band Akmil yg menggunakan kepala macan) lewat di depan barak dia.
spontan pasti melakukan penghormatan, tapi yang buat dia janggal pangkat dan kepala macan yang di gunakan BassDrum tersebut.
pangkat yang digunakan Mayor Dua Taruna,sedangkan tahun 2007 ketika saya Chandradimuka pangkat Mayor Dua taruna belm ada terakhir pangkat tersebut digunakan tahun 70-80an.
dan kepala macan yang di gunakan masih menggunakan macan putih,cerita dari Taruna senior macan putih pernah di gunakan oleh BassDrum tapi tidak lama karena katanya ada sangkut paut sama cerita mistis. sedangkan kepala macan yang digunakan sekarang kepala macan coklat yang biasa.

cerita lain ketika latihan caraka malam di plempungan, di situ saya mengalami sendiri ketika latihan sudah selesai cek kelengkapan personil wajib dilakukan setiap sudah selesai melakukan latihan.
berhubung waktu sudah malam penghitungan dilakukan secara fisik tidak dengan suara. teman saya yg malam itu bertugas sebagai ketua kelas menghitung dengan menepuk bahu rekan"nya. yang buat kaget jumlah personil peleton saya yang benar adalah 37 orang tapi teman saya menghitung ada 38 sampai di ulang 2x tetap 38 baru setelah di hitung yang ke 3x benar 37.
kondisi teman saya ketika menghitung di dampingi oleh Danklas saya.

saya juga pernah mendengar cerita dari Taruna Senior, ketika persiapan apel malam senior saya keluar barak paling terakhir karena sedang piket jakam.
baru keluar dari barak dia berpapasan dengan Capratar (taruna yg sedang basis chandradimuka). di situ senior saya bertanya dari mana malam" menggunakan PDLT (pakaian dinas lapangan tempur) lengkap dari arah gunung tidar.
capratar tersebut menjawab tertinggal dari barisan setelah latihan senam balok,senior saya curiga lalu menanyakan no. akademi capratar tersebut.
dan dia menjawab 78.xxxx. (xxxx = tidak di beritahu taruna senior saya)
(awalan angka adalah tahun masuk taruna tersebut,contoh 07.123 = berarti masuk tahun 2007 no. akademi 123).
dan senjata yang dibawa pun bukan M-16 yang digunakan capratar sekarang,tapi jenis garrand.

mungkin yang di maksud dengan taruna merah adalah mereka para Senior Taruna yang gugur karena berlatih.
masih banyak cerita yang saya dengar dari Taruna senior,Pengasuh organik lainnya.

1 komentar: